Perbedaan Pajak Dan Retribusi

Posted on

perbedaan pajak dan retribusi

Perbedaan Pajak Dan Retribusi – Pajak dan retribusi adalah sama berupa pungutan akan tetapi keduanya memiliki perbedaan baik dari segi hukum, manfaat, objek, jenis dan lembaga pemungutannya. Lanjutkan membaca untuk mengetahui apa saja sih perbedaan pajak dan retribusi.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai perbedaan pajak dan retribusi ada baiknya kita tau terlebih dahulu apa itu pajak dan retribusi?

Apa itu Pajak?
Pengertian pajak adalah merupakan pungutan yang bersifat wajib yang dibebankan kepada rakyat untuk kepentingan pemerintah dan juga masyarakat umum.

Apa itu Retribusi?
Pengertian retribusi adalah pungutan wajib yang dilakukan oleh pemerintah daerah atas jasa atau pemberian ijin untuk perorangan atau badan usaha. nah dari pengertian pajak dan retribusi di atas bisa kita jabarkan lebih luas lagi perbedaan pajak dan retribusi.

Perbedaan Pajak dengan Retribusi dan contohnya

1. Pajak

  • Dasar hukum pajak yakni telah di atur dalam UUD 1945 pasal 23A di situ tertuang bahwa pajak mempunyai sifat memaksa yang digunakan buat kepentingan pemerintahan dan diatur undang-undang.
  • Rakyat yang membayar pajak tidak akan menerima manfaat dari pajak yang dibayarkannya secara langsung. Pajak digunakan untuk pemerataan dan pembangunan di seluruh negara seperti: beasiswa, membangun jalan raya, waduk, pelayanan kesehatan dan lain – lain.
  • Objek pajak yang terkena pajak bersifat umum seperti: pajak barang mewah, pajak kendaraan dan pajak penghasilan.
  • Pajak memiliki sifat memaksa, apabila wajib pajak tidak membayar maka akan dikenai sanksi atau denda.
  • Dilihat dari lembaga, pemungut pajak di bagi 2 yakni: pajak negara yang di pungut oleh direktorat pajak, sedangkan pajak daerah di pungut oleh BPD (Badan Pendapatan Daerah) atau Dinas Pelayanan Pajak.
  • Tujuan pajak itu sendiri adalah meningkatkan ekonomi suatu negara.

2. Retribusi

  • Dasar hukum retribusi berdasarkan PP (Peraturan Pemerintah), Peraturan Menteri dan Perda (Peraturan Daerah).
  • Berbeda dengan pajak, wajib retribusi memperoleh benefit (manfaatnya)secara langsung bisa di rasakan. Contohnya adalah retribusi kebersihan (sampah).
  • Objek retribusi adalah orang atau badan usaha yang menggunakan jasa atau meminta perijinan oleh pemerintah.
  • Untuk sifatnya sendiri, retribusi dapat dipaksakan dan bersifat ekonomis hanya pada orang atau badan usaha yang meperoleh jasa atau ijin yang di terima.
  • Seluruh retribusi pemungutannya dilakukan oleh Pemda (Pemerintah Daerah).
  • Tujuan retribusi itu sendiri yakni sebagai bentuk pelayanan pemerintah terhadap seseorang tau badan sehingga masyarakat dapat melaksanakan kegiatannya.

Akhir Kata:

Seperti kita tahu bahwa pajak maupun retribusi merupakan sumber pendapatan negara, yang dikelola oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk kepentingan rakyat dna menjalankan roda pemerintahan. Jadi kita sebagai masyarakat harus sadar dan tertib membayar pajak dan retribusi untuk kesejahteraan negara dan bangsa.

Demikian artikel tentang Perbedaan Pajak Dan Retribusi, bila artikel kami ini bermanfaat silahkan share ya. Baca juga : Perbedaan Mentega Dan Margarin. – Spektrumdunia.com