Penyakit Seliak Gejala dan Penyebabnya

Diposting pada

penyakit seliak gejala dan penyebab

Penyakit Seliak Gejala dan Penyebabnya – Apakah Anda mengenal apa itu penyakit seliak? nah buat yang ingin tahu keterangan lebih lanjut simak pembahasan lengkap kami di bawah ini:

Apa itu Penyakit Seliak

Penyakit seliak adalah gangguan autoimun yang dipicu karena mengonsumsi gluten. gluten adalah protein yang terdapat dalam biji gandum dan biji-biji lainnya, protein ini lah yang membuat adonan jadi elastis serta memberi tekstur kenyal pada roti. atau dengan kata lain penyakit seliak adalah alergi akut terhadap gluten, yang menyebabkan terjadinya malabsorbsi pada usus.

Penyebab penyakit seliak

Penyebab utamanya tentu saja gluten yang banyak terdapat dalam roti. Gluten menyebabkan permukaan usus menjadi rata sehingga membuat proses pennyerapan makan makanan menjadi terganggu.

Terkadang penyakit seliak juga dapat dipicu karena infeksi, virus, trauma dan bahkan setelah melahirkan.

Gejala penyakit seliak

Penyakit seliak tidak sama dengan laergi terhadap makanan,jadi gejalanya pun berbeda. Bila alergi terhadap makanan, Anda hanya akan merasa gatal-gatal, mata berair atau bahkan sulit bernafas.

Namun beda kasusnya jika Anda mengalami penyakit seliak atau tak sengaja memakan makanan yang mengandung gluten yang mana usus akan mengalami gejala seperti:

  • menurunnya berat badan
  • perut kembung
  • diare kronis
  • Anemia
  • sakit perut
  • mual dan muntah
  • ruam gatal-gatal atau dermatitis herpetiformis
  • sakit kepala
  • nyeri sendi
  • kesemutan pada sendi

Diagnosa penyakit seliak

Kebanyakan orang yang mengalami penyakit seliak tidak pernah tahu mereka menyadarinya. Setidaknya 20% orang mengalami Kerusakan usus sangat lambat, dan gejalanya juga sangat bervariasi, bisa bertahun-tahun sebelum seseorang divonis menderita penyakit seliak.

Siapa yang Paling Beresiko?

Penyakit seliak cenderung terjadi dalam keluarga, karena merupakan kelainan genetik. Bila Anda memiliki orang tua, anak, saudara laki-laki, atau saudara perempuan yang menderita penyakit seliak, Anda mempunyai 1 dari 10 peluang untuk mengalaminya. Tetapi mempunyai gen untuk penyakit seliak tidak secara otomatis berarti Anda akan mengalaminya.

Pengobatan penyakit seliak

Tidak ada obat untuk mengobati penyakit seliak. Satu-satunya penanganan yakni harus menjalani diet bebas gluten yang ketat. Selain menhindari konsumsi roti, kue, dan makanan panggang lainnya, Anda juga harus menghindari bir, pasta, sereal.

Selain itu juga hindari penggunaan pasta gigi , obat-obatan, dan produk lain yang mengandung gluten. Setelah Anda menjalani diet bebas gluten selama beberapa minggu, Anda harus mulai merasa lebih baik, karena usus kecil Anda mulai sembuh.

Akhir Kata:

Demikian ulasan lengkap kami tentang Penyakit Seliak Gejala dan Penyebabnya semoga bila Anda yang mengalami penyakit ini bisa bermanfaat dan dapat segera sembuh. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share agar orang lain memperoleh manfaatnya, terima kasih. Spektrumdunia.com