Contoh Proposal Penelitian Ilmiah, Pendidikan Kualitatif dan Kuantitaif

Posted on

contoh proposal penelitian

Contoh proposal penelitian – pada dasarnya proposal adalah suatu karya ilmiah yang biasanya menjelaskan tentang penelitian yang meliputi rancangan, latar belakang atau alasan penelitian, metode serta taori yang mendukung dasar dari penelitian tersebut. Proposal sering digunakan oleh pelajar, mahasiswa yang tengah menempuh skripsi maupun TA (tugas akhir) atau bisa juga digunakan oleh para peneliti profesional. Isi dari proposal wajib mengandung fakta-fakta yang ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan akan kebenarannya.

Hampir sebagian besar cabang ilmu pengetahuan telah terlebih dahulu melalui uji penelitian dan tentu saja surat proposal penelitian pun mutlak untuk dibuat. Cabang ilmu yang biasa dilakukan uji penelitian diantaranya seperti ilmu pendidikan, ilmu sosial, teknik, kesehatan, dan alam. Namun secara garis besar penelitian terbagi menjadi 2 yakni: penelitian kualitatif (argumen) dan penelitian kuantitatif (angka).

Guna menambah informasi serta wawasan anda berikut ini kita akan membahas secara lebih jelas mengenai aneka macam contoh proposal penelitian:

Judul proposal penelitian

Dalam membuat judul proposal penelitian haruslah menggambarkan secara substansi dari penelitian yang akan dilakukan. Dalam menulis judul proposal harus mengikuti kaidah penulisan yakni : jelas, simpel, menarik dan tentu saja yang tak kalah pentingnya adalah ilmiah. Sehingga banyak yang berkata bahwa menyusun sebuah judul lebih seperti seakan membuat karya seni.

Dalam membuat judul yang terbaik tentu saja kita harus mencari berbagai sumber referensi. Banyak banyak membaca judul proposal penelitian lainnya yang telah ada, tentu akan memberikan kita inspirasi dalam menyusun judul proposal penelitian.

Memang beberapa mahasiswa atau peneliti ragu untuk membaca judul proposal penelitian yang telah dibuat. Ini karena mereka takut kalau judul proposal yang sempurna telah digunakan dan nantinya akan disangka plagiat.

Kata pengantar proposal penelitian

Setelah menyusun judul kita akan menyusun kata pengantar proposal penelitian. Kata pengantar ini biasanya berisi ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME karena diberikan kemudahan dalam menyusun proposal penelitian. Dan juga disertai dengan berbagai pihak atau seseorang yang telah membantu dalam penyusunan proposal surat penelitian tersebut. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak dari contoh proposal yang akan bahas nantinya.

Latar belakang proposal penelitian

Dalam membuat latar belakang penelitian biasanya berisi tentang landasan awal yang mendasari dilakukannya penelitian. Dan dalam latar belakang juga terdapat hipotesa yang mendukung dilakukannya penelitian tersebut.

Contoh proposal penelitian kualitatif

A. Judul Proposal

Implementasi Metodologi Pengajaran Guru Ahli Administrasi Perkantoran SMK N 4 Semarang

B. Latar Belakang Masalah

Merunut pada hasil pengamatan yang dilaksanakan di kelas X AB 1 dan 2 yang dilakukan pada tanggal 3-5 Agustus 2018 ditemukan adanya problem dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun yang menjadi masalah yakni yang pertama, selama kegiatan belajar berlangsung motivasi belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya banyak siswa yang bercanda, mengobrol sendiri, bermain HP, dan tidur di kelas.

Kedua, index prestasi siswa juga rendah hal ini dilihat dari nilai ulangan harian yang hasilnya sebagian besar siswa belum memenuhi angka minimal ketuntasan. Ketiga, referensi dan sumber yang digunakan pra guru pengajar tidak memadai untuk pembaruan kurikulum edisi 2015.

Keempat, belum adanya variasi dalam mengajar yang dilakukan oleh tenaga pengajar sehingga terkesan monoton, yang mana membuat siswa tidak memiliki motivasi dan ketertarikan akan apa yang diajarkan.

Dari keempat permasalahn diatas mohon sekiranya untuk dilakukan penelitian tentang implementasi strtaegi pengajaran yang baaik oleh guru.

C. Pembatasan Masalah

Metode pengajaran yang digunakan oleh guru yang berkopetensi dalam administrasi perkantoran kurang variatif.

D. Rumusan Masalah

Bagaimana cara pelaksanaan metodologi pengajaran oleh guru ahli administrasi perkantoran di SMK N 4 Semarang

E. Kajian Teori

Berdasarkan tema penelitian yang dilaksanankan, ada 3 kajian utama. Pertama, teori tentang metodologi pembelajaran mengenai komponen, jenis metode, rencana dan pelksanaan.
Kedua, teori mengenai strategi pengajaran yang terdiri atas pengertian, jenis dan rencana.
Ketiga, teori yang menjelaskan tentang kompetensi guru ahli administrasi perkantoran yang terdiri atas pengertian, kompetensi dan keahlian mengajar serta perannya dalam kegiatan pembelajaran.

F. Desain Penelitian

Metode penelitian ini mengacu pada bentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif jadihasil yang dihasilkan adalah kata dan kalimat.

G. Informan Penelitian

Subjek pada penelitian ini yakni siswa serta guru kelas X SMK N 1 Semarang keahlian administrasi perkantoran tahun ajaran 2018/2019. Teknik yang digunakan adalah dengan teknik snowball sampling.

H. Instrumen Pengumpulan Data

Metode penelitian ini mengacu pada bentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif jadi hasilnya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.

I. Teknik Analisis Data

Pada penelitian ini teknik yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Cara ini tersusun atas 3 tahap yakni penyajian, reduksi serta pengambilan kesimpulan dari data.

J. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data

Hasil penelitian yang dikumpulkan masih perlu diperikasa kembali validitas datanya. Adapun metode pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber subjek yakni melakukan perbandingan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.

Contoh proposal penelitian kuantitatif

A. Judul Proposal Penelitian

Pengaruh smartphone atau gadget terhadap minat belajar siswa kelas X SMU N 1 Semarang

B. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang banyak berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari terlebih dikalangan remaja sekolah. Banyak sekali remaja yang jadi ketergantungan akan gadget seperti bermain game online atau bersosial media.

Dengan fakta ini tentu saja sangat memprihatinkan yang mana dalam usia produktif seperti mereka harusnya banyak dihabiskan untuk kegiatan yang lebih positif. Apalagi dalam kehidupan bermasyarakat kecenderungan bermain gadget kan mengubah pribadi seseorang jadi lebih egois dan individualis.

Kedua sifat tersebut jekas sangat tidak baik dalam masa perkembangan di masa depannya nanti. Dari hasil observasi pra penelitian yang dilaksanakan tanggal 20-23 Agustus 2018 di kelas X C-D SMA N 1 Semarang telah memberikan hasil yang mencenangkan yakni: hampir 70% siswa kelas X C-D SMA N 1 Semarang banyak menghabiskan waktunya dengan bermain gadget.

Data yang diperoleh adalah dengan cara angket dalam pengambilan data. Yang kedua adalah masih banyaknya siswa yang bercanda, bermalas malasan saat pelajaran berlangsung.

Kedua permasalahan itu tentu saja akan menghambat proses psikomotorik dalam menerima pelajaran.

C. Pembatasan Masalah

Minat dan motivasi belajar siswa kela X C-D SMA N 1 Semarang masih tergolong rendah. Intensitas penggunaan gadget yang masih tinggi dikalangan siswa kelas X C-D SMA N 1 Semarang

D. Rumusan Masalah

Apakah ada pengaruh yang ditimbulkan dalam penggunaan gadget yang berlebihan dengan motivasi belajar siswa kelas X C-D SMA N 1 Semarang

E. Kajian Teori

Atas dasar permsalahan tersebut yang dipilih, maka proposal penelitian ini perlu di cantumkan dalam 2 teori yakni tentang rendahnya motivasi belajar siswa dan pengaruh penggunaan gadget. Kajian tentang rendahnya motivasi belajar siswa terdiri atas pengertian, jenis, serta dampaknya.

F. Hipotesis

Adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan ketergantungan akan gadget.

G. Desain Penelitian

Penelitian ini menggunakan desain ex-post facto yakni peneliti mencari kebenaran fakta yang ada dilapangan. Metode pendekatan yang digunakan adalah endekatan kuantitatif yang memberikan hasil penelitian berupa data dan angka.

H. Populasi dan Sampel

Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X C-D SMA N 1 Semarang yang berjumlah 150 orang. Pegambilan sampel tiap masing masing kelas adalah 25 orang dengan pemilihan secara random atau acak (random sampling).

I. Instrumen Pengumpulan Data
Peneliti akan mengumpulkan data dari para responden tersebut dengan menggunakan instrumen angket tertutup. Didalam angket tersebut telah disusun berbagai pertanyaan tentang variable, dalam hal ini motivasi belajar siswa dan pengaruh gadget dalam kehidupan sosial.

J. Validitas data

Pengujian data dari hasil penelitian ini akan menggunakan empat validasi yakni: isi, konstruk, konkuren dan prediksi. Untuk pengujian data menggunakan alat ukur dari product moment dari karl pearson.

Contoh proposal penelitian ilmiah

A. Judul Proposal

Implementasi Metodologi Pengajaran Guru SMK N 56 Cinere Jurusan Teknik Mesin

B. Latar Belakang Masalah

Merunut pada hasil pengamatan yang dilaksanakan di kelas X A-C 1 SMK N 56 Cinere yang dilakukan pada tanggal 13-15 Agustus 2018 ditemukan adanya problem dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun yang menjadi masalah yakni yang pertama, selama kegiatan belajar berlangsung motivasi belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya banyak siswa yang bercanda, mengobrol sendiri, bermain HP, dan tidur di kelas.

Kedua, index prestasi siswa juga rendah hal ini dilihat dari nilai ulangan harian yang hasilnya sebagian besar siswa belum memenuhi angka minimal ketuntasan. Ketiga, referensi dan sumber yang digunakan pra guru pengajar tidak memadai untuk pembaruan kurikulum edisi 2016.

Keempat, belum adanya variasi dalam mengajar yang dilakukan oleh tenaga pengajar sehingga terkesan monoton, yang mana membuat siswa tidak memiliki motivasi dan ketertarikan akan apa yang diajarkan.

Dari keempat permasalahn diatas mohon sekiranya untuk dilakukan penelitian tentang implementasi strtaegi pengajaran yang baik oleh guru.

C. Pembatasan Masalah

Metode pengajaran yang digunakan oleh guru yang berkopetensi dalam dunia teknik mesin kurang variatif.

D. Rumusan Masalah

Bagaimana cara pelaksanaan metodologi pengajaran oleh guru di kelas X A-C 1 SMK N 56 Cinere jurusan teknik mesin

E. Kajian Teori

Berdasarkan tema penelitian yang dilaksanankan, ada 3 kajian utama. Pertama, teori tentang metodologi pembelajaran mengenai komponen, jenis metode, rencana dan pelksanaan.
Kedua, teori mengenai strategi pengajaran yang terdiri atas pengertian, jenis dan rencana.
Ketiga, teori yang menjelaskan tentang kompetensi guru teknis mesin yang terdiri atas pengertian, kompetensi dan keahlian mengajar serta perannya dalam kegiatan pembelajaran.

F. Desain Penelitian

Metode penelitian ini mengacu pada bentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif jadihasil yang dihasilkan adalah kata dan kalimat.

G. Informan Penelitian

Subjek pada penelitian ini yakni siswa serta guru kelas X A-C 1 SMK N 56 Cinere jurusan teknik mesin tahun ajaran 2018/2019. Teknik yang digunakan adalah dengan teknik snowball sampling.

H. Instrumen Pengumpulan Data

Metode penelitian ini mengacu pada bentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif jadi hasilnya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.

I. Teknik Analisis Data

Pada penelitian ini teknik yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Cara ini tersusun atas 3 tahap yakni penyajian, reduksi serta pengambilan kesimpulan dari data.

J. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data

Hasil penelitian yang dikumpulkan masih perlu diperikasa kembali validitas datanya. Adapun metode pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber subjek yakni melakukan perbandingan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.

 

Demikian lah seluruh ulsan kami mengenai contoh proposal penelitian singkat di atas semoga bisa bermanfaat. Selain contoh diatas contoh proposal tersebut bisa juga untuk proposal kesehatan, pkm penelitian dan lain sebagainya.