Inilah Perbedaan Zakat, Infak, Sedekah, Hibah dan Hadiah

Posted on

perbedaan zakat infak sedekah hibah hadiah

Inilah Perbedaan Zakat, Infak, Sedekah, Hibah dan Hadiah – Banyak yang menganggap bahwa zakat adalah termasuk infak dan sedekah, nah berikut perbedaan antara zakat, infak, sedekah, hibah dan hadiah yang harus Anda pahami. Seperti yang dituangkan dalam Q.S Al-Baqarah 2:195 yakni” Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”.

Untuk itu 5 hal di atas merupakan perbuatan amal ibadah yang kita sebagai muslim memang wajib untuk melakukannya.

Berikut ini adalah perbedaan dari zakat, infak, sedekah, hibah dan hadiah

1. Zakat

Pengertian zakat

Zakat adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh umat islam dengan memberikan harta kepada golongan yang benar-benar menerimanya (fakir miskin dll). Bila di lihat dari segi bahasa zakat berarti: ‘bersih’, ‘suci’. Dalam rukun islam zakat merupakan rukun islam ketiga.

Hukum zakat

Seperti telah admin sebutkan di atas bahwa zakat merupakan rukun islam ketiga yang mana merupakan bagian dari 5 rukun islam. Oleh karena itu zakat hukumnya fardhu ‘ain (wajib) bagi setiap umat muslim yang telah memenuhi syarat wajib untuk zakat.

Jenis Zakat

Zakat sendiri terbagi jadi 2 yakni:

  1. Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib di keluarkan oleh setiap umat muslim menjelang idul fitri.
  2. Zakat Maal (harta) adalah zakat yang wajib dikeluarkan terkait hasil pertanian, perdagangan, harta emas, perak dan lainnya yang mempunyai perhitungan sendiri-sendiri.

Penerima Zakat

Dalam zakat ada 8 orang yang berhak untuk menerimanya, diantaranya:

  1. Fakir adalah mereka yang tak memiliki harta sedikitpun dan tak mampu memenuhi kebutuhan pokok.
  2. Miskin adalah mereka yang mempunyai harta namun tak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok.
  3. Amil adalah mereka yang mengumpulkan dan membagikan zakat (panitia zakat)
  4. Mua’llaf adalah mereka yang baru masuk islam
  5. Hamba Sahaya adalah budak yang memerdekakan dirinya
  6. Gharimin adalah mereka yang berhutang untuk jalan kebaikan namun tak mampu membayar
  7. Fisabilillah adalah mereka yang berjuang di jalan allah, seperti dakwah dll
  8. Ibnus Sabil adalah mereka yang kehabisan bekal selama dalam perjalanan

2. Infak

Pengertian infak

Infak adalah mengeluarkan sebagian hartanya yang mencakup zakat, baik yang wajib atau sunnah.

Jenis Infak

jenis infaq ada 2 yakni infak wajib dan infak sunnah. infak wajib diantarany zakat, zakat kafarat, nazar dan lainnya. Infaq yang sunnah diantaranya: infak untuk bencana alam, infak untuk fakir dan lainnya.

3. Sedekah (Shodaqoh)

Pengertian sedekah atau shodaqoh

Sedekah adalah pemberian seorang musli secara ikhlas dan sukarela pada orang lain, tanpa ada ketentuan jumlah dan waktu. Maknanya sendiri sedekah lebih luas dbandingkan dengan zakat dan infak, tidak terpaku pada pemberian sebgaian harta dan benda. Akan tetapi sedekah melingputi seluruh perbuatan amal baik

4. Hibah

Pengertian Hibah

Hibah adalah pemberian sebagian harta kepada orang lain karena perasaan iba, serta keinginan yang kuat untuk membantu orang lain lebih besar daripada mengharapkan pahala dari allah.

5. Hadiah

Selain zakat, infak, sedekah, dan hibahpemberian sesuatu kepada orang lain juga mengenal adanya istilah hadiah. Hadiah adalah pemberian kepada sesorang baik berupa harta atau benda terhadap apresiasi atau penghargaan kepada seseorang.

Akhir Kata:

Demikian pembahasan singkat kami mengenai apa saja perbedaan zakat, infak, sedekah, hibah, dan hadiah. Semoga memberikan ilmu yang bermanfaat untk Anda semua. Jangan lupa juga baca artikel kami sebelumnya mengenai Perbedaan Pajak Dan Retribusi. РSpektrumdunia.com