Honda Verza 150cc, motor murah cita rasa sport. Nampaknya lengkap sudah varian motor sport Honda disemua segmen. Setelah meluncurnya Honda CB 150 R Streetfire yang berada di level mid end dan CBR 150 R di kelas high end, kini kembali Honda mengukuhkan dominasinya di kelas low end dengan menghadirkan sebuah varian motor sport baru Honda Verza 150 cc.

Motor sport injeksi yang sedianya menyasar kelas entry level ini resmi diperkenalkan oleh Honda beberapa waktu yang lalu. "Sepeda motor ini  dikembangkan secara ekslusif khusus untuk model sport pemula di Indonesia," kata Presdir AHM Yusuke Hori. Ia mengatakan sepeda motor  tersebut merupakan model ke-11 sejak AHM mencanangkan penggunaan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) pada semua sepeda motor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia hingga tahun 2013.

Honda Verza 150 memang dihadirkan guna mengincar pangsa pasar pencinta sepeda motor sport 150cc bebek 125-135cc yang pada saat ini harganya masih belum bersahabat karena masih diatas 16 jutaan. Oleh karenanya, Honda Verza yang bermesin injeksi 150 cc dibuat lebih ringan, irit serta sesuai dengan postur orang Indonesia kebanyakan.

Honda Verza 150 cc
Honda Verza 150 cc
Dari segi konsumsi bahan bakar pun Honda Verza 150 bisa dibilang sangat irit, yaitu 48km/liter yang bahkan hampir menyamai konsumsi bahan bakar Honda Beat Injeksi yang mampu menempuh jarak 50km/jam. Hadir dengan mengusung mesin 150 cc, 4-langkah, SOHC, bersilinder tunggal dengan lima kecepatan. Motor tersebut menghasilkan kecepatan maksimaum 110 km/jam serta akselerasi 11,5 detik untuk menempuh jarak 0-200 meter.

Dengan bobot kendaraan yang lebih ringan dan sudut kemudi yang lebih lebar mencapai 90 derajat, sepeda motor sport tersebut mampu bermanuver lincah di setiap kondisi jalan. Untuk membuat berkendara lebih nyaman, namun kuat dan tangguh, sepeda motor tersebut mengadopsi sistem suspensi ganda. Selain itu, posisi tempat duduk belakang dibuat lebih landai hingga ke bagian buritannya sehingga akan menghasilkan posisi duduk yang lebih ergonomis, lebih nyaman dan tidak membuat pengendara ataupun orang yang dibonceng menjadi cepat lelah.

Model sport pemula ini juga dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan seperti kunci kontak magnetik (magnetic key shutter) yang mengurangi risiko pencurian, sensor rebah (blank angle sensor) yang melindungi pengendara pada saat terjatuh.  "Mesin akan mati secara otomatis ketika sepeda motor berada pada sudut kemiringan 60 derajat atau lebih," katanya.

Di samping itu ada pula pengaman rantai (sprocket chain stopper) yang menjaga agar roda tidak terkunci pada saat rantai terlepas dari gear. Sepeda motor tersebut dipasarkan dalam lima varian warna (merah, biru, hitam, perak, marine blue)  dengan harga Rp16,05 juta/unit on the road Jakarta untuk standar, dan Rp16,97 juta/unit untuk cast wheel.

0 comments: