Resep menu masakan Lebaran sajian favorit terpopuler sepanjang masa

Labels: ,
Posted by Tri Haryadi



Resep menu masakan Lebaran sajian favorit terpopuler sepanjang masa yang dikupas pada posting kali ini adalah mengenai artikel kuliner masakan Indonesia yang cukup populer yang biasanya selalu hadir pada saat Lebaran. Resep menu masakan Lebaran ini mungkin telah sangat familiar atau bahkan mungkin juga menjadi salah satu menu masakan favorit Lebaran bagi anda beserta keluarga.

Selain menu masakan Lebaran, beberapa waktu lalu admin spektrumdunia.blogspot.com juga telah memposting artikel yang masih berkenaan dengan resep kuliner Lebaran lainnya yaitu Resep kue Lebaran cantik praktis simpel dan mudah dibuat. Anda juga bisa mengaplikasikan resep kue Lebaran ini sebagai penganan ringan yang lezat dirumah. Nah, bagi anda yang memang memutuskan untuk tidak melakukan mudik Lebaran dan memilih untuk tinggal dirumah, maka Resep menu masakan Lebaran sajian favorit terpopuler sepanjang masa ini mungkin tak ada salahnya untuk bisa anda coba juga. 

Menu-menu masakan Lebaran ini selain bisa menjadi sajian yang lezat bagi anda sekeluarga, juga bisa sebagai makanan sajian untuk tamu-tamu atau saudara-saudara yang datang bersilaturahmi ke kediaman anda saat hari raya.

Inilah beberapa resep menu masakan Lebaran paling favorit dan populer di Indonesia:

1. Ketupat Lebaran
Ketupat Lebaran - spektrumdunia.blogspot.com

Resep menu masakan Lebaran sajian favorit terpopuler sepanjang masa yang pertama adalah ketupat. Menu ketupat Lebaran pastinya sudah sangat jamak dan lazim saat Lebaran, biasanya ketupat ini disantap beserta rendang, semur, opor dan campuran lainnya. Inilah cara membuat ketupat Lebaran:

Bahan-bahan untuk membuat ketupat Lebaran:
1. Siapkan beras yang bagus dan bisa menghasilkan nasi yang pulen.
2. Siapkan bungkus ketupat kosong dengan ukuran yang sama dengan jumlah tergantung selera

Cara membuat ketupat Lebaran:
1. Rendam terlebih dahulu beras yang akan digunakan kurang lebih sekitar 30-40 menit agar beras menjadi mekar.
2. Kemudian isi bungkus ketupat dengan beras yang sudah direndam sebanyak 3/4 dari besarnya bungkus ketupat (75% penuh).
3. Didihkan air di panci dengan isi yang telah disesuaikan dengan jumlah ketupat yang akan direbus. Setelah air mendidih kemudian masukan satu persatu ketupat yang telah di isi beras. Tunggu hingga 1,5 sampai 2 jam.
Tips dalam merebus ketupat ini adalah menunggu hingga air di panci mendidih terlebih dahulu agar ketupat bisa matang lebih cepat, sebab jika direndam sejak air masih dingin maka waktu perebusan bisa memakan waktu yang lama hingga 3-4 jam.

2. Rendang Daging Sapi
Rendang daging sapi - spektrumdunia.blogspot.com

Resep menu masakan Lebaran sajian favorit terpopuler sepanjang masa yang kedua adalah rendang daging sapi. Selain ketupat, rendang daging sapi juga biasanya menjadi salah satu menu favorit yang wajib hadir saat Lebaran. Rasanya yang gurih akan membuatnya terasa lebih nikmat saat berpadu dengan ketupat. Ingin tau cara membuatnya?. Nah, inilah Resep menu masakan Lebaran sajian favorit terpopuler sepanjang masa yang kedua:

Bahan-bahan untuk membuat rendang daging sapi:
1. Siapkan kurang lebih 1 ½ kilo daging sapi
2. Siapkan kira-kira 12 gelas santan. Santan bisa didapatkan dari hasil perasan kelapa dengan jumlah kurang lebih 5 butir kelapa atau bisa membeli yang sudah jadi.
3. 2 biji asam kandis, 1 batang serai, memarkan
4. 1 lembar daun kunyit, 2 lembar daun jeruk purut dan garam secukupnya

Bahan yang dihaluskan :
1. 1-2 ons cabe merah
2. 15 buah bawang merah
3. 6 siung bawang putih
4. buah kemiri
5. 2 cm jahe
6. 3 cm laos (di keprek)

Cara membuat rendang daging sapi:
1. Daging dipotong-potong dengan ukuran sesuai dengan selera. Tips bagi memotong daging agar daging empuk adalah dengan potongan melintang bukan searah dengan arah serat daging.
2. Panaskan santan beserta bumbu-bumbu yang telah halus kedalam wajan. Tambahkan juga daun kunyit, daun jeruk purut dan batang serai beserta asam kandis.
3. Aduk terus adonan sampai mengental dan pastikan santan kelapa tidak pecah, kemudian masukan daging sapi yang telah dipotong-potong tadi saat santan telah mengeluarkan minyak. Aduk terus dengan api yang tidak terlalu besar (api sedang).

3. Opor Ayam
Opor ayam - spektrumdunia.blogspot.com

Resep menu masakan Lebaran sajian favorit terpopuler sepanjang masa yang ketiga adalah opor ayam. Opor ayam biasanya juga disajikan sebagai pelengkap menu hidangan saat Lebaran. Opor ayam sangat cocok untuk disajikan bersama dengan ketupat, semur dan juga kentang balado. Inilah cara membuat resep opor ayam:  

Bahan-bahan utama untuk membuat opor ayam:
1. Siapkan 1 kg atau kurang lebih 1 ekor ayam
2. Siapkan minyak goreng secukupnya
3. 2 lembar daun salam
4. 1 batang serai yang dimemarkan
5. 1 ruas lengkuas yang dimemarkan
6. 5 cm kayu manis
7. 800 cc santan atau kurang lebih 2 gelas santan dari satu butir kelapa yang diparut.

Bumbu-bumbu opor ayam:
1. Siapkan 10 siung bawang merah, 4 siung bawang putih dan 1 sendok makan ketumbar
2. Siapkan 10 butir jinten dan 1 /2 sendok teh merica halus
3. Siapkan kurang lebih 2 cm jahe beserta dengan 2 cm kunyit dan garam secukupnya
4. Masukan semua bumbu tersebut ke dalam blender atau tumbuk bumbu tersebut hingga halus.

Cara membuat opor ayam:
1. Ayam dibersihkan hingga benar-benar bersih dan tidak terasa amis lalu dipotong menjadi beberapa potongan tergantung selera. 
2. Langkah selanjutnya adalah goreng potongan ayam tersebut dalam minyak panas hingga warnanya berubah menguning. Kemudian angkat dan tiriskan.
3. Masukan semua bumbu yang telah dihaluskan kedalam 3 sendok makan minyak di wajan kemudia tumis bumbu tersebut hingga beraroma. Tambahkan daun salam, serai, lengkuas serta kayu manis yang tadi sudah anda sediakan.
4. Kemudian tuang santan dan ayam perlahan-lahan. Aduk-aduk terus agar santan tidak pecah dan ayam menjadi matang.
5. Angkat dan sajikan.

4. Semur Daging Sapi
Semur daging sapi - spektrumdunia.blogspot.com

Resep menu masakan Lebaran sajian favorit terpopuler sepanjang masa yang keempat adalah semur daging sapi. Resep ini juga menjadi salah satu menu wajib yang selalu menghiasi meja makan bersama ketupat, opor ataupun rendang. Untuk membuat resep ini tidaklah terlalu sulit dan anda bisa mencoba untuk membuat resep ini sendiri. Dan inilah resep menu masakan Lebaran berikutnya, yaitu semur daging sapi:

Bahan-bahan untuk membuat semur daging sapi:
1. Siapkan kurang lebih sekitar 500 gram atau 1/5 kilogram daging sapi yang telah dipotong-potong. Tips sebelum membuat semur daging yaitu lumuri daging terlebih dahulu dengan bumbu dan diamkan hingga benar-benar meresap.
2. 6 sendok makan kecap manis
3. 1 gelas air (250 ml)
4. 2 cm lengkuas yang  dimemarkan
5. 2 lembar daun salam
6. 2 batang serai/sereh
7. 2 sendok makan minyak

Bumbu-bumbu semur daging sapi:
1. 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 cm jahe, 3 butir kemiri yang digoreng dan 1/4 sendok teh terasi.
2. Haluskan semua bumbu-bumbu tersebut.

Bumbu-bumbu taburan semur daging sapi:
1 sendok teh lada yang disangrai kemudian haluskan
1 sendok teh jinten yang sangrai kemudian haluskan
Bawang goreng secukupnya

Cara membuat semur daging:
1. Siapkan minyak panas ke dalam wajan. Setelah panas kemudian masukkan daging, bumbu halus, daun salam, kecap manis, serai dan lengkuas. Kemudian aduk-aduk hingga berubah warna dan tambahkan air.
2. Terus aduk pelan-pelan dengan ukuran api kecil agar tidak hangus. Kecap rentan sekali hangus, oleh karena itu pastikan api tidak terlalu besar. Tambahkan air masak lagi dan pastikan sampai daging benar-benar matang dan terasa empuk.
3. Setelah semur telah matang, kemudian baluri dengan bumbu jinten serta lada yang telah disangrai tadi dengan takaran 1/2 sendok teh, aduk-aduk hingga merata. Kemudian angkat dan sajikan beserta dengan taburan bawang goreng agar rasa semur menjadi lebih gurih dan enak.

Nah, itulah beberapa tips Resep menu masakan Lebaran sajian favorit terpopuler sepanjang masa yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi sajian menu Lebaran anda.


ditulis oleh: spektrumdunia.blogspot.com dari berbagai sumber referensi masakan kuliner Indonesia.

Artikel terkait:


0 comments:

Find us